Pages

Sabtu, Desember 26, 2009

Hadiah Terindah

Aku pernah membaca sebuah kisah yang indah sekali. Kisah yang dituturkan John Catenacci itu berjudul "Hadiah Terindah" dan merupakan salah satu kisah dalam buku Chicken Soup for The Soul (Graphic Novel). Kisahnya kurang lebih seperti ini ....

John dan Carrie mempunyai seorang Kakek. Sayangnya sang Kakek telah 4 tahun lamanya menjauh dan memusuhi anak dan cucunya. Semua berawal dari sebuah kejadian yang menyebabkan kemarahan Kakek. Kebetulan sang Kakek adalah pria yang sangat keras kepala, tipe laki-laki tua Italia pedalaman.


Suatu kali, menjelang perayaan Paskah, John dan adiknya -Carrie- mencoba menjumpai Kakek-nya. Mereka mengajak agar sang Kakek mau datang ke rumah mereka dan merayakan Paskah bersama. Namun ternyata upaya John dan Carrie tidak mendapatkan tanggapan dari sang Kakek. Akhirnya, John dan Carrie pulang dengan hati sedih.

Beberapa hari kemudian Carrie minta tolong John untuk memberikan alamat rumah sang Kakek. Carrie berkata bahwa dia telah membuat sebuah surat yang akan dikirimkan kepada Kakek-nya. Carrie yakin sekali, setelah menerima surat itu, Kakek pasti akan datang ke rumah mereka pada hari Paskah nanti.

Tetapi ketika Hari Paskah tiba, tidak ada berita apapun dari Kakek. Namun Carrie masih yakin bahwa Kakek pasti akan datang, meskipun John berulang kali meyakinkan Carrie bahwa Kakek tidak akan datang. Hingga saat menjelang makan malam, dan semua sudah siap di meja makan, Kakek juga belum datang. Melihat meja makan hanya tersedia 4 kursi, untuk ayah, ibu, John dan Carrie, maka Carrie langsung mengambil sebuah kursi lagi yang diletakkan di ujung meja untuk sang Kakek.

Semula John sempat melarang Carrie melakukan hal itu dengan mengatakan bahwa yang dilakukan Carrie adalah sia-sia saja. Namun ayah dan ibu tetap mengijinkan Carrie menambah satu kursi lagi di ujung meja. Sesaat sebelum makan malam, Carrie mengucapkan doanya :

Ya Tuhan, jauhkan kebencian di hati kami. Hindarkanlah kami dari penyakit iri dan marah. Dan bantulah Kakek kami memiliki hati pemaaf yang akan membuatnya kembali kepada kami sekeluarga. Kabulkanlah doa kami. Amin.

Baru saja Carrie menyelesaikan doanya, ternyata Kakek muncul di ruang makan. Rupanya, surat yang dikirim Carrie melunakkan hati sang Kakek. Dan inilah surat Carrie yang ditunjukkan sang Kakek kepada seluruh keluarga Carrie....



Dari gambar itu Kakek menangkap kesan yang ingin disampaikan Carrie bahwa kehadiran Kakek sangat dibutuhkan untuk mengobati hati yang patah itu. Sejak saat itu, hubungan Kakek dan keluarga Carrie sudah mencair dan hangat kembali. Saat Kakek meninggal beberapa bulan kemudian, surat Carrie itu masih tersimpan di antara tumpukan baju-baju Kakek.

Pelajaran yang didapat dari cerita di atas adalah :

  1. Kekerasan dapat dikalahkan dengan kasih sayang yang tulus
  2. Selagi ada kemauan, pasti ada jalan
  3. Tak ada usaha yang sia-sia, hanya saja kita harus sabar menunggu hasilnya

*******

Kebetulan, pada hari ini aku juga mendapatkan Hadiah Terindah dari seorang sahabat blogger. Sebenarnya sih, dia memberikan hadiah ini sudah beberapa hati yang lalu, namun karena ada masalah dengan internetku... jadi hadiahnya baru bisa aku jemput hari ini.

Rizky2009 telah membagikan 20 award kepada beberapa orang sahabatnya. Kebetulan blog The Others... kebagian juga. Terima kasih banyak untuk Rizky 2009. Namun kali ini aku hanya mengambil 8 (delapan) buah award seperti di bawah ini :





Nah.., banyak sekali ya..? Semua award itu akan aku bagikan juga kepada beberapa orang sahabat blogger. Mereka adalah : siapa saja yang telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke blog ini. Terima kasih semuanya...


13 komentar:

  1. trima kasih ya mb' award dari aq dah d post.... semoga dengan adanya award persahabatan kita d dunia maya akan terus terjaga, amin

    BalasHapus
  2. Award satu container yang dibungkus dengan kisah yang sangat menarik.

    mantap dan sukses selalu buat Mbak...

    BalasHapus
  3. wah, selamat awardnya.
    yup, kekerasan bisa dikalahkan dg kelembutan.

    BalasHapus
  4. Kisahnya mengharukan sekali mba....selamat ya atas awardnya

    BalasHapus
  5. kisah yang indah sebagai bungkus seabreg hadiah. Luar biasa...

    BalasHapus
  6. seLamat berpanen award ya mbak...,

    BalasHapus
  7. sepertinya sekarang semua cuci gudang awardnya terus diposting banyak banget ya selamat mabk Reni maaf baru bisa berkunjung

    BalasHapus
  8. waaah akhir tahun pada pesta award yaah... selamat yah mbak...

    BalasHapus
  9. mampir berkunjung...sukses terus untuk penerima dan pemberi award...

    BalasHapus
  10. wah asyi juga dapat banyak hadiah
    selamat deh mbak
    maksih ya

    BalasHapus
  11. aww
    salam kenal mbak
    hadiah oh hadiah hadirmu ku tunggu, heheeh

    BalasHapus
  12. good info mom
    congro' for you bless
    tx

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)