Pages

Minggu, Desember 20, 2009

Aku dan buku

Aku mengenal buku sejak kecil, karena kebetulan Ayahku adalah pecinta buku juga. Ayahku adalah orang yang sangat telaten merawat buku-buku koleksinya. Jadi tak perlu heran, jika koleksi bukunya masih rapi dan bagus. Bahkan, saat aku masih kecil, aku bisa ikut membaca koleksi komik milik Ayahku.


Kebiasaan membaca buku makin tertanam dalam diriku. Kalau dulu sewaktu aku sekolah, aku tak mampu membeli buku sendiri. Mengharapkan orang tuaku membelikan aku banyak buku juga tidak mungkin, karena prioritas orang tuaku adalah penyediaan dana untuk pendidikanku. Maklum saja, kedua orang tuaku bukanlah orang yang kaya raya. Sehingga, saat sekolah, aku cukup puas dengan membaca buku-buku pinjaman.


Namun kini, semenjak aku memiliki penghasilan sendiri, aku selalu lapar mata setiap melihat tumpukan buku. Jika sudah melihat buku bagus, apalagi yang ada diskonnya, maunya aku buru-buru untuk membelinya. Untung saja, suamiku memahami nafsuku yang satu ini hehehe. Namun "sayang"nya.... kebiasaan buruk ini sudah menurun pada Shasa. Sehingga, sudah beberapa kali kesempatan belanja buku, yang selalu mendapatkan jumlah buku paling banyak bukan lagi aku..., tapi Shasa...!

Setelah banyak buku menumpuk di rumah mungil-ku.., aku jadi kebingungan sendiri. Aku mulai berpikir mencarikan tempat untuk menyimpan buku-buku yang pernah aku beli itu. Nah..., pada saat itulah ada pemikiran baru yang terlintas di benakku. Saat memandangi tumpukan buku-buku itu..., baru kusadari bahwa semua buku itu hanya sempat aku baca sekali saja.

Terkadang memang muncul keinginan untuk membaca ulang sebuah buku, tapi sejauh ini selalu gagal. Mengapa begitu ? Karena pada saat keinginan itu mau aku laksanakan.., aku sudah memegang buku baru lagi yang pasti lebih menggelitik untuk dibaca. Jadi, selalu saja, kahadiran buku baru mengalihkan perhatianku dari buku lama.

Kalau begini.., kupikir-pikir lebih efisien pengalaman masa laluku daripada masa kini. Maksudnya, lebih menguntungkan membaca buku pinjaman daripada membaca buku dengan cara membeli..! Padahal, buku-buku itu setelah aku baca seringkali tak tersentuh lagi... Namun, aku sangat mencintai buku-buku itu, dan belum ada keinginan untuk melepasnya. Karena, aku punya pemikiran bahwa buku-buku bagus itu, kelak akan berguna untuk dibaca Shasa. Sama sepertiku, yang mengambil keuntungan dengan membaca buku-buku koleksi Ayahku sewaktu beliau masih muda dulu.

Kalau ngomongin buku memang tak ada habisnya untukku. Apalagi kalau yang diajak bicara adalah si kutu buku : Mbak Fanda. Hanya saja, kali ini topik pembicaraanku dengan mbak Fanda bukanlah tentang buku, melainkan tentang... award..! Mbak Fanda yang sedang kebanjiran award itu telah menghadiahkan 7 buah award sekaligus untukku. Kata mbak Fanda, sebagai pengobat sakitku hehehe.



Terima kasih banyak mbak Fanda untuk award-awardnya. Ternyata, awardnya berhasil menghalau rasa stres-ku. Dan award ini akan aku bagikan kembali kepada beberapa orang sahabat, yaitu : Mbak Elpha,
Yolizz, Ichaelmago, mbak Ira dan mbak Irma. Semoga awardnya diterima dengan senang hati ya...



20 komentar:

  1. buku dan komiknyamasihada nggak mbak sekarang

    BalasHapus
  2. Award yang cantik dan indah mba,selamat ya...

    BalasHapus
  3. repost ya mbak.. hihihihihi soalnya keliatannya saya udah pernah baca postingan ini... atau saya de javu...???

    BalasHapus
  4. -idem- dengan komentar mas Rangga hehehe. Tapi kayaknya mas Rangga salah deh. Tetap semangat ya mbak. Selamat atas awardnya.

    BalasHapus
  5. wah, mbak juga suka komik waktu kecil ya. banyak juga yg ngopi di tempatku sambil baca komik hehehe..hmm award2nya cantik nian, mbak. selamat ya.

    BalasHapus
  6. Saya suka baca mbak
    cuma kadang saya suka jenuh kalo baca yang berat-berat maklum
    otak lalo ini = Lambat loading
    he..he

    BalasHapus
  7. Meski begitu, saya selalu memnyempatkan diri membaca
    karena kata orang, membaca dapat menstimulasi otak kita menjadi pinter

    selamat buat awardnya ya mbak

    BalasHapus
  8. Awardnya cantik, selamat!
    Saya juga suka buku dan sering beli, sekarang saya buka perpustakaan kecil-kecilan, banyak yang pinjam terutama anak smp dan sma, dengan tarip sewa 1000 rp 3 hari per buku, saya bisa beli buku lagi! Istilahnya mereka untung tidak usah beli, saya juga untung beli buku yang saya suka gratis...kan dibayari mereka!

    BalasHapus
  9. Saya dari kecil suka baca lima sekawan dll..... sayang anak2 sekarang lebih suka baca komik naruto heheheh

    BalasHapus
  10. Makasih mbak award pengobat sakit udah terpasang. Moga2 sakitnya jg dah sembuh. Pikir2 kalo kita ketemu pasti omongannya buku ya? hehehe...
    Dan pasti ada buku yg berpindah tgn. Waktu pertama ketemu klo ga salah mbak Reni titip buku ke aku.

    BalasHapus
  11. Buat Rangga & Ivan: Ini bukan repost. Maklum pecinta buku, jadi pasti sering2 posting ttg buku meski isinya lain.

    BalasHapus
  12. saya juga cinta sama buku-buku mba terutama yang fiksi dan penuh imajinasi :) salam kenal hehehe

    BalasHapus
  13. selamat ya mba

    maaf mba
    aku kesusahan masuk ke blog 1 lagi
    gatau neh kenapa

    BalasHapus
  14. aaarggghhh award yak??? wadoh sayah juga dapet ginian. tapi sayah males untuk posting tag :P bukannya tidak menghargai pemberian tapi emang males aje :D

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. you really know how to spend your money :)

    aku juga suka berbinar-binar gitu kalo liat buku diskonan. hehehe.

    BalasHapus
  17. selamat mbak buat awardnya..huhuuu, pengin banget kayak mbak..rajin baca buku, kenapa aku pemalas sekali kalo suruh baca buku ya? sukanya cuman baca majalah..hiks, kasih tips nya dunk mbak :)

    BalasHapus
  18. Mbak reni iuni hebat ya. Awardnya bejibun pertanda banyak nian sahabatnya.

    Awardnya sudah dapat menghilangkan stres? Alhamdulillah turut senang, mbak

    Selamat hari ibu ...

    BalasHapus
  19. Buku adalah sarana buat menambah ilmu, jadi sampai kapanpun ia gak akan pernah basi.

    BalasHapus
  20. Setiap hari ada saja penganugerahan Award disini.
    Semangat dan sukses selalu.
    Selamat hari ibu...

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)