Pages

Selasa, November 10, 2009

Ukuran

Dalam kehidupan, kita tak dapat lepas dari ukuran. Segala hal yang ada dalam hidup kita selalu ada 'ukurannya'. Karena ada ukurannya, maka pasti dapat dihitung. Contohnya saja : umur, berat badan, tinggi badan, jumlah saudara, panjang/luas suatu tempat, jarak antara tempat-tempat yang berbeda dsb.


Segala hal yang ada nilainya pasti mudah menghitungnya. Kita naik kendaraan umum, sudah jelas besar biayanya. Kita belanja barang, sudah jelas berapa harganya. Kita menghitung usia, sudah jelas tanggal lahirnya. Kita menghitung berat, sudah jelas timbangannya. Kita mengukur panjang, sudah jelas ukurannya. Karena jelas alat untuk mengukur, maka hasilnya selalu mendekati kebenaran.


Namun banyak hal yang tak mampu diukur secara gamblang. Misalnya, 'bobot' perhatian kita kepada teman-teman kita. Kita juga tak akan mampu menimbang kasih sayang kita kepada orang-orang yang kita cintai. Penilaian seperti itu sangat subyektif, tergantung pada 'standar' penilainya masing-masing pelaku. Mengukur segala hal yang berkaitan dengan hati dan rasa..., sangat tidak mudah, karena seringkali tergantung pada 'selera'.

Namun bagaimana menentukan Pagerank sebuah blog ? Dalam dunia maya ukuran untuk mendapatkan pagerank bagi banyak orang masih belum nyata benar. Banyak yang masih bilang bahwa perhitungan atau formula PageRank tetaplah merupakan misteri. Meskipun sudah banyak yang membahas tentang Pagerank, juga cara-cara menghitungnya namun toh masih banyak yang terkaget-kaget dengan hasil update pagerank yang dilakukan oleh Google.

Aku sendiri contohnya. Kebetulan beberapa saat yang lalu, Google update PageRank dan aku coba untuk memerika PR dari blog ini dan blog Catatan Kecilku. Usia blog Catatan Kecilku memang lebih 'tua' dibandingkan dengan The Others... Sudah sejak beberapa bulan yang lalu blog Catatan Kecilku sudah berada dalam PR-3. Dan dalam update pagerank yang dilakukan Google beberapa hari yang lalu ternyata tidak naik kelas.

Sementara kejutan aku dapatkan untuk blog The Others... Blog yang baru aku lahirkan akhir bulan Juli 2009 yang lalu ternyata berhasil dapat PR-3 juga. Selain itu, blognya Shasa-ku juga dapat hadiah PR-2 dari Google. Kejutan...!! Maklum saja, blog Shasa jarang sekali di-update. Semangat ngeblog Shasa masih naik turun tergantung moodnya, jadi aku terkejut saat mengetahui blog Shasa dapat PR-2.

Sementara dalam kehidupan 'nyata' ada hal lain juga yang sulit mengukurnya, yaitu pertemanan dan persahabatan. Untuk hal ini tak ada alat ukur yang pasti untuk mengukur kadar kedekatan kita dengan seorang teman atau sahabat. Kita hanya menggunakan ukuran hati. Dan ukuran ini berbeda antara orang satu dengan lainnya. Jika kita merasa cocok, maka kita akan dekat dengan mereka. Meskipun kalau kita mau, kita bisa membuat alat ukur dengan menyusun variabel-variabel yang tepat untuk mengukur kadar keintiman dari sebuah pertemanan. Tapi rasanya, akan memakan waktu lama jika kita melakukannya. Atau mungkin JengSri bisa membantu menyusunnya..?



Bicara tentang sahabat, beberapa waktu yang lalu seorang sahabat : Mbak Elly membagikan sebuah tanda cinta kepada teman dan sahabatnya. Sebuah tanda cinta yang manis dan mengingatkan kita untuk terus menjalin persahabatan ... dengan siapa saja. Sebuah ajakan yang kupikir jika kita laksanakan akan membuat hidup kita lebih bernilai. Tentu saja, makna 'bernilai' disini berbeda-beda... karena tak ada ukurannya yang nyata... (^_^) Tak lupa untuk mbak Elly aku sampaikan terima kasih atas tanda cintanya yang istimewa ini (karena bagiku tanda cinta ini istimewa).


15 komentar:

  1. Ukuran persahabatan, jeli sekali ide postingannya, pakai apa ya parameternya? Sulit sekali terwujud karena persahabatan yang sulit dipisahkanpun kadang menjadi musuh bebuyutan! Yang penting sesama blogger mari kita jaga persahabatan ini sebagai wujud silaturahmi!

    BalasHapus
  2. Memang benner sih mbak... dalam kehidupan ini, kita tidak pernah lepas dengan yang namanya ukuran atau takaran.

    Semoga saja pertemanan atau persahabatan dikalangan kita semua tidak akan ada yang mampu menakarnya.

    Sukses untuk The Other dan Jejak Lang shaza.

    BalasHapus
  3. Selamat ya mbak, dan semangat tentu saja. Terimakasih sudah memajang tanda cintanya.

    BalasHapus
  4. Wah..mantap ! sukses buat mba Reni dan Shasa, semoga tambah semangat....

    BalasHapus
  5. Sebuah ide tulisan yang manis, mbak
    dan selamat atas bingkisan tanda cintanya

    BalasHapus
  6. pr memang gak bisa ditebak. blog aku lainnya yg jarang update juga dpt pr antara 2 dan 3.

    btw, selamat awardnya ya.

    BalasHapus
  7. selamat deh kalau digabung semuanya jadi PR delapan tuh hebat euy

    BalasHapus
  8. Mbak Reni, makasih banyak nih. Saya jadi ada ide sesuatu untuk research :).

    Di tunggu reviewnya lagi yaaa :)

    BalasHapus
  9. di dunia nyata aja sulit untuk mengukur kedekatan teman,apa lagi di dunia maya,paling-paling berusaha menebak dari bahasa tulisnya yang disampaikan

    BalasHapus
  10. ia mba, memang semua itu ada ukurannya..

    dan membuat suatu differensiasi.

    tapi semoga friendship kita noothing to lose oleh yang namanya ukuran..

    n selamat y mba bwt ewotnya.

    BalasHapus
  11. salam sobat
    ok banget mba postingan kali ini,,
    wah sulit mba kalau ukuran seberapa persahabatan.,,ngga ada batasnya.
    yang jelas menjaga silaturahmi saja mba..

    BalasHapus
  12. Wah,saya ketinggalan sekali ya mbak? Baru tahu kalo mbak Ren punya blog lebih dari 1..
    Selamat untuk awardnya mbak ya mbak..Untuk PR,kayaknya memang kita harus mempertanyakan ke Mbah Gugel takaran apa yg dipakainya.

    BalasHapus
  13. sampai hari ini aku blm ngerti jg tuh mba soal page rank, tiba2 kmn page rank ku naik dari 2 ke 3.
    aku pikir,apa ini y ?? hehe...

    yg aku tahu aku nge blog hanya menyalurkan kesukaanku yg suka corat coret gak jelas hehe... dari pada berganti buku diary lebih baik di blog kan mba ^_*

    buat shasa...ada salam nih dari tazkia ( putriku )

    BalasHapus
  14. soal perhitungan PageRank emang bikin bingung. jadi ngga usah dipikirin.
    yg penting blog ini dapet PR bagus..hehe
    selamat ya..
    selamat juga buat blognya Shasa..

    BalasHapus
  15. ya, di kehidupan ini memang selalu berpasangan (ada yang bisa diukur dan ada yang tidak bisa diukur). selamat ya buat PR Google dan tanda cinta dari sahabatnya. aahh..romantis sekali :D

    BalasHapus

Komentarnya dimoderasi dulu ya? Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak. (^_^)